PELATIHAN DEBAT BAHASA INGGRISBAGI GURU PENDAMPING

LATAR BELAKANG

Debat Bahasa Inggris merupakan salah satu bagian penting dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan pemikiran kritis, membangun argumen dan menyampaikan argumen dengan baik dan tepat serta bertoleransi terhadap perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap suatu masalah. Debat semacam ini telah dikembangkan di berbagai negara di dunia, dan juga di Indonesia dimana nantinya diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah dunia internasional.

Tuntutan kompetensi penguasaan pengetahuan global menjadi salah satu alasan mengapa debat bahasa Inggris perlu menjadi bagian akademik siswa. Sudah tepat jika berbagai dinas pendidikan di Indonesia mempopulerkan debat, melaksanakan pembinaan serta meyelenggarakan lomba-lomba debat bahasa Inggris dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi. Institusi-institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia sebagai wadah penampung lulusan juga menyadari pentingnya debat bahasa Inggris ini untuk meningkatkan daya saing siswa di dunia global dan oleh karena itu telah berpartisipasi aktif mengikuti serta mengadakan lomba-lomba debat baik di tingkat lokal, regional serta nasional.

TUJUAN

  1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris
  2. Mengembangkan jejaring dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa
  3. Mengembangkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat, pandangan dan persepsi mereka terhadap berbagai hal
  4. Mengarahkan siswa agar menjadi lebih kritis,  berpikir analitis dan konstruktif
  5. Mengarahkan siswa agar mampu bertindak sportif

PELATIHAN DEBAT BAHASA INGGRIS

Program

Materi

Jam

In-1

Teori (Pendalaman Materi) dan Praktik Simulasi Debat

24

On

Simulasi Lomba Debat Tingkat SMA di Sekolah

47

In-2

Pelaporan hasil prestasi debat siswa dan persiapan mengikuti lomba debat tingkat kabupaten, provinsi atau nasional

24

  JUMLAH

85

INSTRUKTUR

Instruktur Pelatihan Debat Bahasa Inggeris Bagi Guru Pendamping adalah para dosen/instruktur yang kompeten di bidangnya dan telah memiliki pengalaman yang luas dalam bidangnya.

MEKANISME PELATIHAN 

EDC melaksanakan pelatihan berdasarkan pertimbangan  prinsip efisiensi dan efektivitas.  Oleh karena itu secara garis besar pelaksanaan diklat dapat berupa:

  1. Tempat Kegiatan:  di Kabupaten/Kota Setempat dan Kampus

Penetapan tempat kegiatatan pelatihan dilakukan dengan pertimbangan bahwa implementasi program tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari para peserta.  Pengaturan waktu dan pelaksanaan kegiatan didiskusikan  secara bersama dengan stakeholder dan peserta yang terlibat dalam kegiatan program. Tempatnya bisa di kampus FKIP ULM  Banjarmasin atau di daerah Kabupaten/Kota.

  1. Bentuk Kegiatan: Kerjasama dan Mandiri

Kegiatan yang dilakukan bisa didasarkan atas kerjasama antara EDC dengan dinas terkait yang jumlah pesertanya ditentukan berdasarkan kesepakatan.  Selanjutnya untuk mandiri dilaksanakan berdasarkan jumlah kuota  minimal yang ditentukan, yaitu sekurang-kurangnya 30 orang peserta.

  1. Pola Kegiatan: In-On-In

Pola kegiatan diklat dilakukan In-1 di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan On (kegiatan terbimbing implementasi) dan In-2  kembali ke dalam kelas untuk mempresentasikan hasil kerja dalam bentuk evaluasi keberhasilan   pelatihan yang dilakukan.

PENYELENGGARAAN PELATIHAN di Banjarmasin: Kepanitiaan  EDC, dan Kouta minimal peserta  30 orang.

Fasilitas yang diperolah : (1) Kit peserta (tas, bolpoin, blocknote, pin), (2) Konsumsi (makan siang dan snack), (3) Buku materi, dan (4) Sertifikat.

PENYELENGGARAAN PELATIHAN di Luar Banjarmasin, (1) Kepanitiaan Dinas Pendidikan, dan (2) Kouta minimal peserta 30 orang.

Fasilitas yang diperolah : (1) Kit peserta (tas, bolpoin, blocknote, pin), (2) Konsumsi (makan siang dan snack), (3) Buku materi, dan (4) Sertifikat.

Pelatihan dilaksanakan pada Hari/tanggal  yang ditentukan oleh panitia, Pukul 08.00 s.d. 17.00 dan tempat ditentukan oleh Panitia.