DIKLAT PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

  • PENDAHULUAN
Seorang guru harus memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yang meliputi merencanakan dan melaksanakan pembelajaran serta penilaian. Implementasi dari kompetensi tersebut adalah kemampuan guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian mengimplementasikannya pada proses pembelajaran di kelas. Kenyataannya banyak guru yang tidak memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar, bahkan perangkat pembelajaran yang digunakan hanya sebatas administrasi dan formalitas.
Dalam tataran implementasi, proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan terpola. Dalam konteks inilah perangkat pembelajaran berfungsi sebagai panduan yang memberi arah bagi seorang guru di dalam kelas. Tidak sedikit guru yang hilang arah atau kebingungan di tengah-ditengah proses pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran.
Untuk mendukung kelancaran dan kebermaknaan kegiatan pembelajaran, guru dituntut untuk dapat menyusun dan mengembangkan sendiri perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya. Agar dapat menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik dibutuhkan latihan yang terarah dan intensif. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dihasilkan akan makin berkualitas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup: silabus, RPP, model, media ajar dan evaluasi. Untuk mewujudkannya, Education Depelopment Center (EDC) melaksanakan Diklat Pengembangan Perangkat Pembelajaran.
  • PENYELENGGARA
Untuk operasional di lapangan, kepanitian pelaksanaan kegiatan bisa dilakukan oleh: (1). EDC untuk penyelenggara di Banjarmasin, dan (2). Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat untuk penyelenggaraan di luar Banjarmasin. Diklat dilaksanakan jika kuota peserta telah terpenuhi minimal 30 orang. Kegiatan diklat dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu In 1 – OnIn 2.
Diklat dilaksanakan pada:
Hari/ Tanggal  : ditentukan oleh Panitia (6 hari+OJL)
Waktu              : Pukul 08.00-17.00 WITA
Tempat            : ditentukan panitia
Jumlah hari:
  1. In-1: Kegiatan in class & observasi terbimbing, 5 hari
  1. On: Kegiatan On the Job Learning (OJL) di sekolah masing-masing
  1. In-2: Presentasi & postes, 1 hari
  • PESERTA
Peserta Diklat Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah gur-guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
  • INSTRUKSTUR
Instruktur Diklat Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah para dosen/instruktur yang kompeten di bidangnya
  • KURIKULUM
NO
MATERI
JAM
1
Pembukaan
0
2
Pretes
1
3
Penjelasan Teknis
1
4
Kompetensi Guru Profesional
4
5
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
4
6
Pengembangan Silabus dan RPP
6
7
Pengembangan Model Belajar
6
8
Pemilihan, Pemanfaatan dan Pengembangan Media Ajar Cetak
4
9
Pemilihan, Pemanfaatan dan Pengembangan Media Ajar Non Cetak
4
10
Evaluasi Pembelajaran
6
11
Penugasan Mandiri (on the Job Learning
38
12
Tindak Lanjut Pendampingan/Presentasi
10
13
Postes
1
14
Penutupan
0
JUMLAH
 85
  • METODE
    Diklat terdiri dari teori dan praktek dengan komposisi 50% untuk teori dan 50% untuk praktek (OJL). Adapun mekanisme kegiatan diklat sebagai berikut:
  1. Ceramah dan diskusi: Kompetensi Guru Profesional; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB); Pengembangan Silabus dan RPP; Pengembangan Model Belajar
  2. Praktik penugasan mandiri (On the Job Learning); Praktik Pengembangan Model Belajar; Praktik Pemilihan, Pemanfaatan, dan Pengembangan Media Ajar Cetak dan Non-cetak; serta Praktik Evaluasi Pembelajaran.
  • PENYELENGGARAAN DIKLAT, di Banjarmasin Kepanitiaan  EDC dan Kuota Peserta Minimal 30 Orang. Fasilitas : (1) Kit Peserta (tas, bolpoin, cocard, dan blocknote, (2) Konsumsi (makan siang, coffe break 2x), dan Modul.
    Penyelenggaraan Diklat di Luar Banjarmasin: Kepanitiaan Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Kuota Peserta Minimal  : 30 Orang. Fasilitas : (1) Kit Peserta (tas, bolpoin, cocard, dan blocknote, (2) Konsumsi (makan siang, coffe break 2x), dan Modul.
    Panitia setempat menanggung: (1). Konsumsi; (2) Transportasi dan akomodasi (instruktur dan panitia). EDC menangung: Kit Peserta dan Modul.