DIKLAT PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH  BAGI GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH

  • LATAR BELAKANG

Kemampuan menulis karya ilmiah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah sesungguhnya sangat  potensial untuk dikembangkan baik dalam rangka peningkatan akademik maupun pengembangan  karier yang dituntut  sebagai persyaratan usulan kenaikan jabatan fungsional. Untuk menjawab persoalan tersebut  EDC FKIP ULM  hadir dalam rangka memfasilitasi kebutuhan dan peningkatan kapasitas akademik maupun dukungan pengembangan karier jabatan fungsional, dengan menyelenggarakan program pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah. 

  • TUJUAN
  1. Membuka wawasan dan pemahaman yang semakin dalam terhadap berbagai persoalan pendidikan di sekolah yang dihadapi di era sekarang.
  2. Melatih keterampilan berpikir kreatif, inovatif dan solutif dalam menyikapi berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi sekolah.
  3. Terampil menulis artikel jurnal ilmiah dalam mengangkat isu-isu pilihan tentang pendidikan dan efektif  dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang dihadapi di sekolah.
  •  PESERTA

Peserta diklat penulisan artikel jurnal ilmiah :

  1. Guru TK, SD/MI, SMP/MTs; SMA/MA dan SMK
  2. Pengawas Sekolah
  3. Kepala Sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs; SMA/MA dan SMK
  • KURIKULUM  DIKLAT ARTIKEL  JURNAL ILMIAH
No

Materi

 Jam

1

Pembukaan

0

2

Pretes

1

3

Penjelasan Teknis

1

4

Kompetensi Guru Profesional

4

5

Pengembangan Profesi Berkelanjutan

4

6

Hakekat Karya Ilmiah

5

7

Hakekat Artikel Jurnal Ilmiah

8

8

Sistematika Penulisan Artikel Jurnal

8

9

Cara Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

8

10

Pendampingan (On the Job Learning)

35

11

Seminar Hasil Penulisan Artikel Jurnal

10

12

Postes

1

13

Penutupan

0

  JUMLAH

85

  • INSTRUKTUR

Instruktur  Diklat Penulisan Artikel Jurnal  Bagi Guru, Pengawas dan Kepala Sekolah adalah para dosen/instruktur yang kompeten di bidangnya dan telah memiliki pengalaman yang luas dalam bidang karya ilmiah.

  • MEKANISME DIKLAT

EDC melaksanakan diklat berdasarkan pertimbangan  prinsip efisiensi dan efektivitas.  Oleh karena itu secara garis besar pelaksanaan diklat dapat berupa:

  1. Tempat Kegiatan: 

di Kabupaten/Kota Setempat dan Kampus

Penetapan tempat kegiatatan diklat dilakukan dengan pertimbangan bahwa implementasi program tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari para peserta.  Pengaturan waktu dan pelaksanaan kegiatan didiskusikan  secara bersama dengan stakeholder dan peserta yang terlibat dalam kegiatan program. Tempatnya bisa di kampus FKIP ULM  Banjarmasin atau di daerah Kabupaten/Kota.

  1. Bentuk Kegiatan: Kerjasama dan Mandiri

Kegiatan yang dilakukan bisa didasarkan atas kerjasama antara EDC dengan dinas terkait yang jumlah pesertanya ditentukan berdasarkan kesepakatan.  Selanjutnya untuk mandiri dilaksanakan berdasarkan jumlah kuota  minimal yang ditentukan, yaitu sekurang-kurangnya 30 orang peserta.

  1. Pola Kegiatan: In-On-In

Pola kegiatan diklat dilakukan In-1 di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan On (kegiatan terbimbing implementasi) dan In-2 kembali ke dalam kelas untuk mempresentasikan hasil kerja dalam bentuk produk tulisan artikel jurnal  dalam kegiatan seminar.

  • Penyelenggaraan Diklat di Banjarmasin: Kepanitiaan EDC dan Kouta minimal peserta 30 orang. Fasilitas yang diperolah: (1) Kit peserta (tas, bolpoin, blocknote, pin, (2) Konsumsi (makan siang dan snack), (3) Buku materi dan (4) Sertifikat.
  • Penyelenggaraan Diklat di Luar Banjarmasin: Kepanitiaan Dinas Pendidikan dan Kouta minimal peserta 30 orang. Fasilitas yang diperolah: (1) Kit peserta (tas, bolpoin, blocknote, pin, (2) Konsumsi (makan siang dan snack), (3) Buku materi dan (4) Sertifikat.

Kegiatan dilakukan dengan tiga (3) tahapan, yaitu In-1  selama 4 hari, On (di sekolah masing-masing)  dan In-2 selama 1 hari.

Diklat dilaksanakan pada Hari/tanggal  yang ditentukan oleh panitia, Pukul 08.00 s.d. 17.00 dan tempat ditentukan Panitia.