EDUCATION DEVELOPMENT CENTER (EDC) adalah sub kelembagaan  eksternal pendukung sebagai wujud tanggung jawab moral FKIP ULM terhadap alumni dalam rangka mendorong dan meningkatkan kualitas profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
Tugas Pokok EDC :
1.  Melakukan komunikasi akademik dengan alumni FKIP ULM,
2. Membangun jaringan dan komunikasi dengan organisasi profesi tenaga pendidik dan kependidikan,
3. Membuka layanan konsultasi profesi tenaga pendidik dan kependidikan,
4. Membantu pendampingan masalah profesi tenaga pendidik dan kependidikan,
5. Mendorong peningkatan kualitas profesi tenaga pendidik dan kependidikan,
6. Melaksanakan diklat profesi tenaga pendidik dan kependidikan pada jenjang pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, dan sekolah menengah.
EDC di pimpin oleh seorang ketua, sekretaris, dan dibantu oleh divisi dan tim ahli yang diangkat dan diberhentikan oleh Dekan. Dalam melaksankan tugasnya EDC bertanggung jawab kepada Dekan.
V I S I
Menjadi Lembaga Terpercaya dalam Mendorong dan Meningkatkan Kualitas  Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Jenjang  Pra Sekolah, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.
M I S I
  1. Meningkatkan kualitas profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, serta stakeholder sebagai wujud Tri Dharma Perguruan.
  2. Memfasilitasi dan memberikan pelayanan konsultasi, pendampingan, pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan serta  stakeholder.
  3. Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Secara Profesional dalam meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan serta stakeholder.
MEKANISME PELAKSANAAN PROGRAM EDC
EDC dalam melaksanakan programnya berdasarkan pertimbangan  prinsip efisiensi dan efektivitas.  Oleh karena itu secara garis besar pelaksanaan program  EDC dapat berupa:
1. Tempat Kegiatan:  di Kabupaten/Kota Setempat dan Kampus
Penetapan tempat kegiatan bimbingan, pendampingan, diklat maupun ekspose hasil kegiatan dilakukan dengan pertimbangan bahwa implementasi program tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari para peserta yang mengikuti program.
Pengaturan waktu dan pelaksanaan kegiatan didiskusikan  secara bersama dengan stakeholder dan peserta yang terlibat dalam kegiatan program. Tempatnya bisa di kampus FKIP ULM  Banjarmasin atau di daerah Kabupaten/Kota.
2. Bentuk Kegiatan: Kerjasama dan Mandiri
Kegiatan yang dilakukan bisa didasarkan atas kerjasama antara EDC dengan Dinas terkait yang jumlah pesertanya ditentukan berdasarkan kesepakatan.  Selanjutnya untuk mandiri dilaksanakan berdasarkan jumlah kouta  minimal yang ditentukan, yaitu sekurang-kurangnya 30 orang peserta.
 3. Pola Kegiatan:   In-On-In
Kegiatan yang dilakukan polanya adalah  in-on-in, yaitu kegiatan dimulai di dalam kelas, kemudian implementasi di lapangan dan selanjutnya diakhiri di dalam kelas kembali.
ALAMAT KANTOR EDC
Sekretariat EDC  di Lantai 2 Gedung FKIP ULM Banjarmasin  Jln. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi Banjarmasin.
Web: edc.fkip.ulm.ac.id
e-mail: edcfkip@ulm.ac.id
Kontak Person
Ketua EDC. 08125103703
Sekretaris EDC. 081346628844
Admin EDC. 0813 4713 5356