Latar Belakang

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) yang mengantarkan siswa pada pengetahuan yang berlanjut ke keterampilan dan pembentukan sikap.  Keterampilan yang dimaksudkan dalam kurikulum ini adalah keterampilan proses sains. Laboratorium IPA menjadi salah satu prasarana yang mutlak tersedia di sekolah bagi sekolah-sekolah yang memiliki jurusan bidang studi IPA. Oleh karena itu, pada setiap sekolah setingkat Sekolah Mengengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/sederajat selalu mengalokasikan ruang untuk laboratorium IPA. Untuk keterlaksanaan dan keberlanjutan keberadaan laboratorium tersebut, maka diperlukan seorang Pengelola untuk mengatur dan mengelola prasarana yang terdapat di laboratorium, baik peralatan, bahan, perlengkapan, maupun keterlaksanaan kegiatan praktikum.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu fakultas di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat memiliki empat laboratorium untuk bidang IPA yaitu Laboratorium Biologi, Kimia, Fisika, dan IPA demi menunjang pembelajaran dan membekali mahasiswa sebagai calon guru di Sekolah. Akan tetapi, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pendidikan tersebut belum memadai untuk mengelola sebuah laboratorium di Sekolah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pelatihan yang mencakup tentang seluk beluk pengelolaan sebuah laboratorium. Kegiatan pelatihan ini adalah kegiatan innservice training (pendidikan dalam jabatan) yang dilaksanakan oleh FKIP Universitas Lambung Mangkurat sebgai bentuk tanggung jawab sebagai fakultas pencetak guru.

Metode Kegiatan

(a) instruktur memberikan pengetahuan tentang gambaran sistem manajemen laboratorium IPA, pengaturan ruang,  tata letak peralatan serta bahan praktikum di Laboratorium;

(b) instruktur mendemonstrasikan kegiatan praktikum untuk bidang Biologi, Fisika, dan Kimia;

(c) peserta kegiatan melakukan sendiri praktikum bidang-bidang IPA tersebut dengan bimbingan dan arahan instruktur

Peserta

Peserta kegiatan pelatihan ini adalah calon-calon kepala Laboratorium IPA di sekolah menengah pertama (SMP/MTs.) ataupun di sekolah menengah atas (SMA/MA/SMK) yang meliputi guru-guru IPA di SMP atau MTs, guru bidang studi Biologi, guru bidang studi Fisika, atau guru bidang studi Kimia di wilayah Kementerian Pendidikan Nasional Kabupaten/Kota atau tingkat Propinsi Kalimantan Selatan.

Fasilitas                      : Modul, Sertifikat, Snack dan Makan Siang

Tempat Kegiatan      : Laboratorium Jurusan PMIPA FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Hari/Tanggal            : Rabu-Sabtu/ 8-11 Agustus 2018

Biaya                           : Rp 1.000.000,- Via Rekening BNI 0201 564469 atas nama Sri Hartini (bukti Transfer di Kirim ke email EDC: edcfkip@ulm.ac.id / diuploud pada saat pendaftaran)

 

Pendaftaran angkatan pertama ditutup, untuk info pendaftaran angkatan kedua silahkan tunggu info selanjutnya.

  • Surat Undangan bisa diunduh disini
  • Jadwal Kegiatan bisa diunduh disini
  • Materi Pelatihan Lab. IPA dikirim ke email peserta yang telah melakukan pembayaran.